Rabu, 08 Mei 2019

Mahasiswa Teknik Sipil UCY Saksikan Detik-Detik Pendaratan Pesawat Pertama di Bandara YIA


Hari kamis, 2 mei 2019 mahasiswa Teknik Sipil UCY sejumlah 63 orang melakukan kuliah kerja lapangan (KKL) di Proyek Pembangunan Yogyakarta International Airport (YIA) sebagai kegiatan lanjutan seminar sebelumnya. Dalam penjelasannya, Pak  Gani sebagai manajer lapangan PT.  Angkasa Pura menjelaskan bahwa pembangunan bandara ini merupakan yang terbesar di Indonesia. “Alasan dibangunnya bandara ini karena kemacetan transportasi di Bandara Adisutjipto  milik TNI AU dan keterbatasan kawasan dalam pengembangan terutama panjang runway. Selama ini kami menyewa sehingga saat ada penerbangan latihan TNI AU maka pesawat komersil komersil berhenti sementara. Sementara runway di bandara tersebut tidak dapat diperpanjang karena adanya penghalang jembatan Janti  dan sungai   di sisi barat dan Gunung Boko di timur. Kondisi itulah maka perlunya dibangun YIA”, tambahnya. Disampaikan pula progres pembangunan bandara YIA cukup ketat, dan hari ini 2 Mei 2019 akan dilakukan uji kedatangan dan penerbangan pertama. “UCY bersyukur karena hari ini nanti kalian dapat menyaksikan uji landing dan take off pesawat pertama kali di bandara YIA”.

Dalam kesempatan tersebut melalui gedung Fire Station di lantai 4, bersama dengan beberapa pihak terkait menyaksikan saat-saat pertama kali pendaratan pesawat yang kemudian selang beberapa menit dilakukan penerbangan pesawat. Semua yang menyaksikan bertepuk tangan atas keberhasilan tersebut. Tim PT. Angkasa Pura, Kontraktor PT. Pembangunan Perumahan Tbk, Tim Pemadam Kebakaran dan peserta UCY saling mengucapkan selamat atas keberhasilan uji coba tersebut. Sebagai bentuk ucapan Dekan Fakultas Teknik UCY , Ir. Erlina, MT. memberikan simbol berupa plakat kepada Manajer Lapangan PT. Angkasa Pura, Gani. “ Pak Gani, kami dari UCY turut bangga atas prestasi ini karena akan berdampak pada peningkatan DIY baik ekonomi, pendidikan maupun pariwisata”, tutur Erlina. Dengan kehadiran mahasiswa di lokasi proyek ini akan sangat bermanfaat memberikan gambaran nyata perkembangan teknologi yang belum sempat diterima di meja kuliah.
Dijelaskan tentang pekerjaan konstruksi underpass oleh Ir. Indra Suharyanto, MT. sebagai tim proyek sekaligus dosen UCY. Underpass tersebut merupakan jalan Daendeles yang ruasnya melintas di bandara sehingga dibuat dengan model jalan bawah tanah atau underpass untuk menghindari kemacetan lalu lintas.

Proyek YIA dengan luas terminal 210.000 m2, panjang runway 3.250 m x 45 m, apron 23 parking stand luas : 159.140 m2 , diharapkan dalam 3-5 tahun tercapai 14 mil penumpang, namun dalam 10 tahun mendatang diperkirakan bisa 25 mill penumpang. Pekerjaan tanah dan infrastruktur Bandara YIA dikerjakan oleh PT. PP. Beberapa gedung saat kunjungan lapangan masih dalam proses penyelesaian.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar